Loading...

News

biaya-pembuatan-sertifikat-tanah

Urus Sertifikat Tanah di Bandung Gratis

biaya-pembuatan-sertifikat-tanahKabar gembira bagi pemilik lahan yang belum memiliki sertifikat, di tahun 2017 ini bisa mengurus sertifikat tanpa biaya alias gratis.

 

“Kota Bandung terpilih jadi pilot project kota dengan sertifikasi tanah terbanyak di Indoensia,”ujar Sekda Kota Bandung, Yossi Irianto di Jalan Citarum, Senin (09/01).

 

Menurut Yossi, Kota Bandung dijadikan percontohan sertifikasi merupakan kehormatan dari pemerintah pusat. Sertifikasi gratis karena biaya ditanggung APBN dan APBD,, awalnya Kota Bandung mendapat kuota sebanyak 12.500 untuk administrasi sertifikat dengan rincian 7.500 sertipikat ditanggung APBN dan. 5.00 dibebankan ke APBD Kota Bandung.

 

Yossi mengatakan, ternyata Kota Bandung dijadikan pilot project, jadi lahan di Kota Bandung harus bersertipikat semua. Setelah diidata 93 ribu lahan belum besertifikat. Untuk tambahan kuota ini, dibutuhkan biaya sekitar Rp 16 miliar dan akan diusulkan ke DPRD agar dialokaskan.

 

Namun menurut Yossi, pengalokasian dana Rp 16 miliar jangan sampai tiidak terserap karena masyarakat tidak respon dengam program sertipikasi. Agar program sertpikasi berhasil Yossi minta Lurah dan Camat menyisir dan mendata rumah warga yang belum bersertipikat.

 

“Camat dan lurah, agar mensosialisasikan ,begitui juga warga yang belum punya sertifikat agar mendaftar ke kantor lurah dan camat,” pinta Yossi.

Menurut Yossi, pemohon sertifikasi akan didtangi tim verifikasi sebelum pecetakan sertipikat.

Berita ini telah tayang di Tribun Jabar, Senin (9/1/2017), dengan judul: Kabar Gembira! Urus Sertifikat Tanah di Kota Bandung Gratis

 

Related Topics

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*